KONI Riau Lakukan Tes Fisik Atlet PON, Atlet Tak Capai Standar Minimal Akan Dievaluasi

KONI Riau Lakukan Tes Fisik Atlet PON, Atlet Tak Capai Standar Minimal Akan Dievaluasi

PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, melakukan tes fisik terhadap atlet-atlet yang akan turun pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Ada sekitar 336 atlet yang akan diberangkatkan pada PON XXI di Aceh-Sumut 2024.

Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin mengatakan, tes fisik itu dilakukan untuk mengukur kekuatan atlet sebelum pelaksanaan training center (TC) berjalan, yang akan mulai dilaksanakan pada awal Mei mendatang.

"Kita akan lihat fisik atlet kita sebelum mereka melakukan TC. Nanti akan dilihat, apa yang harus diperbaiki dan menjadi evaluasi tim nantinya saat TC," ujar Iskandar, Sabtu (27/4/2024).

Dikatakannya, tes fisik tersebut dilakukan terhadap semua atlet Riau yang lolos PON. Tak hanya tes fisik, seluruh atlet PON Riau sebelumnya juga dilakukan tes kesehatan.

"Sebelumnya kita juga sudah tes kesehatan atlet, dan kemudian yang terakhir tes fisik. Tes kesehatan dan fisik ini akan menjadi bahan dasar untuk evaluasi atlet jelang TC berjalan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Satuan Pelaksana (Satlak) KONI Riau, dr Nurzelly mengatakan, tes fisik untuk informasi data awal kemampua atlet. Nantinya akan ditinjau kembali setelah melakukan TC berjalan.

"Kita melakukan tes fisik saat ini adalah untuk mengetahui evaluasi atlet satu atau dua bulan ke depan. Kalau tidak ada perkembangan tentu kita evaluasi. Makanya, kalau saat ini ada atlet yang tidak mencapai standar minimal, tim akan melaporkan kepada kita," jelas Nurzelly.

Ia menyebut, atlet akan dinilai sesuai dengan cabang olahraganya. Ada cabor yang tes fisiknya ringan, sedang dan berat.

"Ini adalah inovasinya kita lakukan berdasarkan sport science. Dalam beberapa hari kedepan kita akan dapat laporannya. Dari laporan itu kita akan evaluasi," pungkasnya.(mat)

Berita Lainnya

KONI Kota Dumai Siapkan Langkah Strategis Menuju Prestasi Olahraga Unggul

PEKANBARU - Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administasi Umum Muhammad Syafie, S.Sos, M.Si menghadiri sekaligus memb.

Tim Sepaktakraw Bengkalis Juara Umum di Kejurda Tingkat Pelajar

Pekanbaru - Tim Sepak Takraw Kabupaten Bengkalis berhasil keluar sebagai Juara Umum pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pelajar 2023, yang diikuti se.