Optimalkan Program Pembinaan, Ratusan Atlet Jalani Tes Kesehatan

Optimalkan Program Pembinaan, Ratusan Atlet Jalani Tes Kesehatan

PEKANBARU- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau menggelar tes kesehatan bagi atlet Riau demi mengoptimalisasi program pembinaan atlet. Sebanyak ratusan atlet akan menjalani pemeriksaan kesehatan bertempat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

Salah satunya adalah cek kesehatan dengan mengecek kondisi jantung. Pelaksanaan tes kesehatan dilakukan secara bertahap yang dimulai sejak, Senin (6/4) sampai dengan selesai menjelang sebelum bulan puasa. Setiap harinya sekitar 70 atlet menjalani tes kesehatan dengan jumlah atlet mencapai 900 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Gizi Dan Kesehatan KONI Riau, Nuzelly mengatakan, sesuai dengan program dari KONI Riau melalui dua tes awal yaitu kesehatan dan fisik bagi atlet Riau. Tes kesehatan atau pengecekan kesehatan itu merupakan kerjasama dengan bidang Binpres dan bidang Kesehatan dan Gizi KONI Riau.

"Kapasitas untuk memeriksa kesehatan terbatas setiap harinya. Pasalnya, pemeriksa kesehatan mencapai 900 an atlet nantinya. Ditargetkan jelang bulan puasa tes kesehatan atlet rampung," ujar Nuzelly, Rabu (8/3).

Dijelaskannya, hasil dari tes kesehatan dan fisik itu nantinya menjadi bahan bagi KONI Riau untuk menyampaikan kepada masing-masing Pengprov Cabor dan pelatihnya untuk pembinaan atlet lebih baik lagi kedepannya.

"Tentu ini akan kita follow-up. Kita berharap kerjasama ini kedepannya bisa lebih baik lagi dengan memanfaatkan sport sains seperti apa untuk membuat formula terbaik lah bagi atlet kita. Tes kesehatan ini kita harapkan sebelum puasa bisa selesai. Setiap hari Senin sampai Jumat. 70 atlet perhari. Sementara atlet di Riau itu mencapai 900 atlet," terangnya.

Diharapkannya, dengan digelarnya tes kesehatan ini diharapkan rekam medis semua atlet peserta bisa didapat. Pasalnya, data kesehatan atlet kedepannya sangat penting untuk upaya memaksimalkan prestasi sang atlet.

Selain itu, dengan adanya program ini bisa benar-benar menjaga dan mengetahui kondisi kesehatan atlet. Termasuk riwayat medis dan riwayat lainnya, seperti cedera dan penyakit yang pernah dideritanya. Apalagi tesnya ada tes jantung juga. Bagi atlet tes jantung ini sangat penting.

Berita Lainnya

Siak tuan rumah Kejurnas Sepatu Roda 2023 perebutkan Piala Erick Thohir

Siak- Provinsi Riau, akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sepatu Roda 2023 yang memperebutkan Piala Erick Thohir pada 21-22 Januari m.

Terkendala Biaya, Atlet Renang Riau Tidak Lagi Dilatih Pelatih Nasional

PEKANBARU - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Riau tidak memperpanjang lagi kerjasama dengan pelatih renang nasional, Donny Budiarto .