10 Cabang Olahraga Bakal Dipertandingkan di Porwil Sumatera

10 Cabang Olahraga Bakal Dipertandingkan di Porwil Sumatera

PEKANBARU - Di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2023 nanti diputuskan ada 144 nomor dari 10 cabang olahraga yang dipertandikan.

Hasil ini diputuskan dalam rapat pelaksanaan Porwil Sumatera di Jakarta pada dua pekan yang lalu.

"Nomor pertandingan sudah final. Ada 144 nomor," kata wakil ketua III KONI Riau, Khairul Fahmi, Selasa 13 Juni 2023.

Dalam rapat itu dihadiri juga oleh KONI Pusat, KONI Riau dan pengurus pusat 10 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwil.

Rinciannya cabang olahraga atletik mempertandingkan 47 nomor, barongsai 10 momor, bola tangan 2 nomor, bola voli indoor 2 nomor, Catur 18 nomor, E-sport 5 nomor, renang 38 nomor, sepakbola 1 nomor, sepak takraw 10 nomor dan wushu 11 nomor.

Khairul mengatakan seluruh nomor sudah sesuai dengan nomor yang dipertandingkan di PON 2024 Aceh - Sumut.

"Karena kan patokannya juga PON," ujarnya.

Selain itu ia juga menegaskan nomor yang diputuskan juga sudah mengakomodir keinginan Riau yang bertindak sebagai tuan rumah Porwil 2023.

"144 nomor itu juga sudah mengakomodir kita," terangnya.

Selain itu, jumlah medali yang diperebutkan juga sudah diputuskan. Total ada 454 medali yang diperebutan terdiri dari 144 emas, 144 perak dan 166 perunggu.

Porwil 2023 merupakan babak kualifikasi PON 2024. Sehingga sangat menguntungkan atlet-atlet Sumatera.

Menjadi tuan rumah, Riau menargetkan menjadi juara umum. Setelah dua edisi Porwil sebelumnya, yakni Porwil di Babel dan Bengkulu, Riau keluar sebagai juara umum.

Rencananya, Porwil 2023 akan digelar akhir Oktober atau awal November nanti. Saat ini Riau terus mempersiapkan diri sebagai tuan rumah.

Berita Lainnya

Tiga Atlet Muaythai Bengkalis Lolos Pra PON XXI Aceh-Sumut

RIAU - Tiga atlet muaythai asal Kabupaten Bengkalis berhasil lolos Pra PON XXI di Aceh-Sumut. Mereka dipastikan lolos setelah mengikuti babak kualifik.

Dibuka Menpora, Pembukaan Porwil XI Sumatra Dimeriahkan Tarian Kolosal dan Tri Suaka

Pekanbaru- Multi ivent olahraga akbar Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI akan di buka secara resmi pada Sabtu (4/11/2023) malam di Halaman Ka.