Dispora Pekanbaru Sosialisasikan Olahraga Tradisional

Dispora Pekanbaru Sosialisasikan Olahraga Tradisional

PEKANBARU - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, kembali melakukan sosialisasi olahraga tradisional kepada masyarakat dan siswa di Kota Pekanbaru. Pasalnya, olahraga atau permainan tradisional yang ada sudah mulai ditinggalkan masyarakat atau pemuda saat ini.

Kepala Dispora Kota Pekanbaru Hazli Fendriyato mengatakan, bahwa kegiatan sosialiasi olahraga tradisional ini sangat bagus. Apalagi, saat ini sangat jarang ditemukan masyarakat Pekanbaru yang memainkannya.

"Kegiatan ini sangat bagus, di tengah-tengah masyarakat, olahraga tradisional sudah mulai ditinggalkan. Sementara dispora Kota Pekanbaru kembali hadir untuk membangkitkan permainan tradisional bagi masyarakat dan siswa-siswi yang ada di Kota Pekanbaru," ujar Hazli, Rabu (28/2/2024).

Dalam sosialisasi itu, Dispora Pekanbaru mengenalkan kembali permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan masyarakat. Di antaranya permainan gasing, lari balok, hadang atau cakbur, dan layang-layang.

Ia menilai, dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan Dispora Pekanbaru, para peserta tampak mengikuti dengan antusias. Apalagi, permainan yang dikenalkan sudah lama tidak dimainkan.

Ia menyebut, dalam kegiatan sosialisasi olahraga permainan tradisional di pandu oleh Instruktur dari Dumai Amron Shah, yang merupakan ahli gasing dan layang-layang. Kemudian juga ada Candra Alpiat selaku Sekretaris Komite Permainan Rakyar dan Tradisional Indonesia (KPOTI) Riau.

Sementara itu, Ade Saputra sebagai salah satu peserta, mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan tersebut. Ia mengaku pernah memainkan permainan tersebut sejak kecil.

"Permainan ini sebenarnya mainan kami waktu kecil, namun berjalannya waktu permainan ini ditinggalkan. syukur melalui Dispora Kota Pekanbaru permainan tradisional bisa di kenali lagi kepada anak-anak kita," sebutnya.

Berita Lainnya

Dispora Bahas Rincian Anggaran Belanja Hibah KONI Riau 2024

PEKANBARU-Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau membahas rincian anggaran belan.

Turnamen Domino Peringatan HPN Tingkat Provinsi Riau Terapkan Peraturan Kejurnas Pordi

PEKANBARU - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau menggelar Turnamen Domino.