KONI Riau Terima Penghargaan Implementasi Pulata Berbasis IT

KONI Riau Terima Penghargaan Implementasi Pulata Berbasis IT

Pekanabaru- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau menerima penghargaan dari KONI Pusat atas implementasi sistem informasi dan pengumpulan serta pengelolaan data olahraga berbasis IT, yang diterapkan pada pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XXI . KONI Riau menggunakan sistem IT untuk data pertandingan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Pullman, Jakarta, pada Rabu (3/6/2024). Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi KONI Pusat terhadap provinsi yang telah menjalankan program keolahragaan dengan teknologi.

"Alhamdulillah, KONI Provinsi Riau menerima penghargaan dari KONI Pusat. Intinya adalah apresiasi terhadap KONI Riau dengan penerapan sistem penataan cabang olahraga berbasis IT, terutama penggunaan sistem IT untuk pertandingan. Seperti Porwil yang menggunakan sistem smartcom KONI Pusat," ujar Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin.

Iskandar Hoesin menjelaskan bahwa KONI Pusat mengakui KONI Provinsi Riau sebagai pemicu dalam pengembangan program olahraga berbasis IT. Sistem yang diterapkan oleh KONI Riau diharapkan bisa menjadi contoh bagi seluruh KONI di Indonesia untuk mengikuti langkah tersebut.

"Kita juga dianggap sebagai pemicu pengembangan dan data cabang olahraga berbasis database. KONI Pusat mengapresiasi KONI Riau, di mana data cabang olahraga sudah berbasis IT. Diharapkan KONI se-Indonesia juga melakukan hal yang sama, sehingga ada satu data bagi KONI se-Indonesia," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa sistem yang digunakan ini nantinya akan terintegrasi antara data di KONI Provinsi dan KONI Pusat, dengan pengelolaan oleh KONI Pusat. Data yang bersifat open data dapat diakses publik, sementara data tertentu akan dibatasi aksesnya melalui password.

Selain KONI Riau, KONI Pusat juga memberikan penghargaan kepada KONI Provinsi Jambi dan Kota Tangerang yang juga menerapkan sistem informasi berbasis IT.

Untuk diketahui, Rakernas KONI Pusat dibuka oleh Menpora RI, Dito Ariotedjo. Rakernas KONI 2024 membahas beberapa hal, termasuk menghadirkan beberapa pembicara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan Kementerian Perindustrian RI. Keberadaan para pembicara ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan peserta Rakernas KONI 2024 dalam mengelola organisasi pembina olahraga, sehingga organisasi olahraga di Indonesia semakin baik.

Berita Lainnya

Dayung Riau Target Emas di Kejurnas PPLP/SKO di Mamuju

PEKANBARU - Dayung binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau bertekad meraih emas Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Antar Pusat Pendidikan dan Latih.

Golden Award SIWO PWI 2023, Iskandar Hoesin Terima Anugrah Pembina Olahraga Terbaik

PALANGKA RAYA-Ketua Umum KONI Riau, menerima anugrah sebagai pembina terbaik Olahraga di Provinsi Riau, yang telah memberikan kontribusi terhadap duni.