Lepas Paralimpian ke Peparpenas X Sumsel, Kadispora : Semoga Harumkan Riau

Lepas Paralimpian ke Peparpenas X Sumsel, Kadispora : Semoga Harumkan Riau

Lepas Paralimpian ke Peparpenas X Sumsel, Kadispora : Semoga Harumkan Riau

PEKANBARU - Kepala  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Boby Rachmat secara resmi melepas kontingen paralimpian ke ajang Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X ke Palembang, Sumsel, Sabtu pagi (29/7/2023). Ia pun berpesan agar paralimpian bisa mengharumkan nama Riau.

‘’Selamat bertanding. Semoga berhasil mengharumkan nama Riau dengan membawa pulang medali di Peparpenas tahun ini," kata Boby, Minggu (30/7/2023).

Pelepasan dilakukan di Aula Dispora Riau, Jalan Sutomo, Pekanbaru. Hadir juga Kepala Bidang Pembudayaan Prestasi Olahraga Dispora Riau Rinov Eka Mondrie, Analisis Keolahragaan Dispora Riau Yogie Ismemet, Ketua NPC Riau Jaya Kusuma, seluruh atlet paralimpin pelajar Riau, pelatih, official.

Riau sendiri hanya mengikuti 2 cabor di Peparpenas yakni atletik dan renang. Cabor lain seperti catur, Riau absen.

Dari 2 cabor tersebut, total atlet yang dikirim sebanyak 7 orang. Atletik sebanyak 3 orang dan sisanya paralimpian renang.

Selain bisa mengharumkan nama Riau, Boby juga meminta agar paralimoian bisa menjaga kesehatan. Sehingga bisa maksimal saat bertanding.

Dari dua cabor tersebut, renang menargetkan meraih tiga medali emas. Sedangkan atletik belum bisa menentukan medali ada yang bisa diraih nanti karena mereka buta kekuatan lawan.

"Target kita tiga emas. Andalan kita Muhammad Aidil, Abdil Majid Rahman, dan Alfatih Mauli Pratiwi. Semoga bisa terwujud nantinya," ujar Zulkifli.

Muhammad Aidil akan turun di nomor 50 meter gaya punggung, 40 meter gaya bebas,  100 meter gaya bebas, dan 50 meter gaya dada.

Abdil Majid Rahman akan turun di nomor  50 meter gaya dada, 100 meter gaya dada, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 50 meter gaya bebas.

Alfatih Mauli Pratiwi akan turun nomor 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya dada, dan 50 meter gaya dada.

Selain ketiga atlet tersebut, renang juga mempersiapkan Latifah Fitri turun di nomor 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, 100 meter gaya dada ,dan 50 meter gaya bebas.

Di atletik, pelatih Martin Losu belum mau bisa bicara banyak. Alasannya, Peparpenas sudah absen beberapa tahun lalu akibat Covid-19 sehingga buta kekuatan lawan.

"Apalagi kita persiapakan atlet usia 20 tahun. Sedangkan regulasi yang terbaru usia bisa 23 tahun," ujarnya.

Di atletik, tiga atlet disiapkan yakni Kapilah, Nayla Sabilu Faza, dan Rahmatul Hidayah. Kapilah akan turun di nomor lari 100 meter, lompat jauh, dan tolak peluru. Sedangkan Nayla Sabilu Faza ikut nomor lari 100 meter dan lari 200 meter. Sementara Rahmatul Hidayah akan turun di nomor lari 100 meter, lari 200 meter, dan lompat jauh. (*)

Berita Lainnya

Al Azru Cup ke-7 jadi Ajang Kembangkan Kreatifitas dan Inovasi

PEKANBARU - Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru Hazli Fendriyanto pada Sabtu (21/10/2023) lalu membuka kegiatan Al Azru Cup .

Gubri Syamsuar Dapat Terima Perhargaan dari Menpora Sebagai Pembina Olahraga Berprestasi 2023

PEKANBARU - Pada malam puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan penghargaan kepa.